Jumat, 14 Oktober 2011

tugas pengantar teknologi informasi

1. Jelaskan cara kerja perpindahan data dengan menggunakan alat alat input ?

Pengertian alat input :
yaitu alat yang digunakan untuk menerima masukkan data dan program yang akan diproses di dalam komputer.
Contoh : Keyboard, Mouse, Light Pen, Touch Screen (Layar sentuh), Scanner, OCR Tag Reader (Banyak digunakan pada swalayan), Digital Camera, Disk.

Keyboard (Pengertian dan cara kerja) :

Keyboard bekerja sebagai input device. Keycaps atau yang lebih dikenal dengan tombol berada dibarisan terdepan fungsional keyboard, melalui keykaps ini pengguna memasukan input-an–biasa dikenal dengan keystroke.
Keyboard memiliki beragam manufaktur, dan maka dari itu ia juga memiliki beragam metode penyampaian input. Umumnya pada saat tombol diketikkan–input, tombol yang terketik telah terselaraskan dengan papan key matrix–beberapa manufaktur menggunakan karet, dan beragam bahan lainnya, dimana key matrix tersebut terdiri atas character map. Untuk selanjutnya informasi tersebut dibawa untuk dikenali oleh processor. Processor memutuskan apakah itu sebuah ketikan karakter alphabeth, karakter unicode–dari beragam bahasa seperti: Thai; Chinese; Korean; ataupun Japanese; atau bisa jadi berupa shortcuts yang berlaku pada aplikasi tertentu.

2. Jelaskan cara kerja perpindahan data dengan menggunakan alat alat output ?

Pengertian alat output :
perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran komputer.

HEADPHONE


Fungsi               : sama seperti speaker yaitu mengeluarkan Suara namun dalam kapasita lebih kecil Di bandingkan dengan speaker.
Cara Kerja        : suara yang telah di input melalui Microphone dikirim ke  soundcard Data digital ini kemudian diolah/ diproses Oleh DSP (Digital Singnal Processing) Yang bekerja dengan DAC (Data Analog Converter), yang mengubah sinyal digital Menjadi analog dan di keluarkan memlalui Headphones.
Komponen      : -  speaker
-  DAC
-  DSP



3. Jelaskan cara kerja perpindahan data dengan menggunakan alat input maupun output ?

Magnetic Tape :






  • Magnetic tape adalah model pertama dari pada secondary memory. Tape ini juga dipakai untuk alat input/output dimana informasi dimasukkan ke cpu dari tape dan informasi diambil dari cpu lalu disimpan pada tape lainnya.
    Panjang tape pada umumnya 2400 feet, lebarnya 0.5 inch dan tebalnya 2 mm. Data disimpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik yang dilapisi ferroksida. Flexible plastiknya disebut mylar. Mekanisme aksesnya adalah tape drive.

    FUNGSI MAGNETIC TAPE:
    • Untuk media penyimpanan
    • Untuk alat input/output
    • Untuk merekam audio, video atau sinyal

    KEUNTUNGAN PENGGUNAAN MAGNETIC
    TAPE:
    • Panjang record tidak terbatas.
    • Density data tinggi.
    • Volume penyimpanan datanya besar dan harganya murah.
    • Kecepatan transfer data tinggi.
    • Sangat efisiensi bila semua atau kebanyakan record dari sebuah tape file memerlukan pemrosesan seluruhnya

    KETERBATASAN MAGNETIC
    TAPE:
    • Akses langsung terhadap record lambat
    • Masalah lingkungan
    • Memerlukan penafsiran terhadap mesin
    • Proses harus sequential

    4. Carilah alat alat input maupun alat alat output yg sedang berkembang saat ini ?

    Alat input :
    Scanner adalah perangkat yang sangat membantu. Dengan adanya scanner, kita bisa menduplikat hardcopy seperti makalah, kertas, foto dalam bentuk digital ke komputer. Jadi ketika kita kehilangan source berkas seperti foto, kita bisa menyimpan foto tersebut ke komputer kita. Jadi ketika foto itu hilang, atau robek, kita masih punya simpanannya di komputer. Apalagi jika foto itu adalah foto kenangan masa dulu. Kan sayang kalau hilang begitu saja?

    Scanner
    edwin-rizga.blogspot.com

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar